Selasa, 08 Februari 2011

Step by Step pembuatan boneka nusantara dari Flanel (pola badan & tangan)

Sebelumnya ijinkan saya berterima kasih kepada mbak eka yunita atas bukunya boneka nusantara dr flanel yg telah membantu saya menyelesaikan pesanan souvenir pengantin dari seorang sahabatku kala SMA..
menemukan buku ini pun secara tidak sengaja..
begitu mendapatkan pesenan boneka adat yogya.. saya mulai browsing dan memang banyak sekali boneka sejenis.. sebenarnya sdh mulai mencorat coret polanya nanti akan seperti apa..
Subhanallah..ketika berjalan-jalan di Gramedia Madiun (yg waktu itu baru saja opening)..terseliplah buku itu di salah satu sudut rak..benar-benar ga menyangka \:D/..alhamdulillah banget..


Oke..mari kita mulai teman-teman ^_^ :
1. Pertama, siapkan dulu jarum, benang jahit/sulam, jarum pentul, gunting.. o iya untuk benang pakailah warna yg senada :)





2. Kita buat pola kepala dan tangan..seperti gambar disamping..kemudian jiplak pada kain flanel..sambungkan bagian belakang kepala dengan tusuk jelujur lalu disambungkan dengan kepala bagian depan..jahit dengan tusuk veston, mulailah dari atas kemudian memutar..sebelum menutup sisakan sekitar 2 cm untuk memasukkan dakron, demikian jg utk tangan.

3. Siapkan pola badan dan baju, kemudian jiplak pd kain flanel, supaya lebih rapi pd saat dijahit..satukan pola bawah dg badan sisi depan dg jarum pentul demikian jg utk sisi depan, jahit dg tusuk feston, sisakan dua cm utk memasukkan dakron lalu tutup. Ulangi hal yg sama utk baju namun tanpa dakron.
demikian kira2 bentuk pola dasarnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar